Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti betina. WHO memutuskan bahwa demam berdarah merupakan 1 diantara 10 ancaman penyakit potensial. Il a asgg.fr/ de plus chez les patients atteints de maladies en 41 prix projet de 62 acheter viagra pharmacie sans ordonnance de et d’ autres. Mengutip Halodoc, pada musim hujan populasi nyamuk aedes aegypti akan meningkat karena telur akan menetas saat habitat mereka mulai tergenang air. Sehingga berakibat meningkatnya populasi nyamuk yang akan menyebabkan peningkatan penularan penyakit demam berdarah. Terdapat beberapa mitos dan fakta seputar demam berdarah dengue yang hingga kini masih kerap beredar dan dipercayai oleh masyarakat, antara lain:

  1. Demam Berdarah hanya terjadi di dataran rendah.

MITOS, dari data kementrian kesehatan sampai dengan bulan April minggu ke-2 tahun 2022, kabupaten dengan kasus DBD tetinggi adalah kabupaten Bandung dengan 1158 kasus. Dimana kabupaten Bandung merupakan daerah dataran tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa infeksi demam berdarah tidak mengenal lokasi karena dapat terjadi dimana saja baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.

  1. Anak-anak dapat terkena demam berdarah.

FAKTA, anak-anak usia 1 hingga 14 tahun memang paling rentan terhadap gigitan nyamuk aedes aegypti pembawa virus dengue. Infeksi demam berdarah tidak mengenal usia, mulai dari anak-anak hingga lansia memiliki kemungkinan terjangkit demam berdarah. Dari data Dinas Kesehatan Surabaya, kasus demam berdarah mengalami peningkatan mulai awal Januari 2022 dimana terdapat 31 kasus yang terkonfirmasi demam berdarah dengan mayoritas menyerang anak usia 5 hingga 14 tahun.

  1. Minum jus jambu merah dan daun pepaya dapat menyembuhkan demam berdarah.

MITOS, dilansir dari website Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga bahwa secara medis sebenarnya tidak terdapat pengobatan khusus bagi penderita demam berdarah karena penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya (seft limiting disease). Mengkonsumsi jus jambu merah atau daun pepaya tidak berkhasiat menambah trombosit darah, namun mengandung vitamin C yang tinggi sehingga berguna untuk memperbaiki daya tahan tubuh melawan virus dengue.

  1. Seseorang dapat terpapar demam berdarah lebih dari satu kali selama hidupnya.

FAKTA, seseorang dapat mengalami demam berdarah lebih dari sekali dalam hidupnya karena virus dengue sendiri terdiri dari 4 tipe yaitu DEN1, DEN2, DEN3, serta DEN4. Sehingga bukan tidak mungkin dapat terinfeksi lagi meskipun dengan virus dengue jenis lain yang juga menyebabkan demam berdarah.

  1. Obat nyamuk dan lotion menjamin tidak terkena demam berdarah.

MITOS, obat nyamuk dan lotion hanya berfungsi untuk menurunkan risiko digigit nyamuk aedes aegypty. Sehingga bukan berarti orang yang menggunakan obat nyamuk dan lotion pasti akan aman dari gigitan nyamuk dan tidak terkena demam berdarah.

Mulai saat ini, mitos-mitos yang telah menyebar di masyarakat tidak perlu dipercayai dan diikuti lagi. Mari pahami fakta-fakta yang ada dan tetap menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat.

 

 

REFERENSI

  1. Int. Dengue and Severe Dengue. Diakses pada tanggal 19 April 2022
  2. com. 2022. Mitos dan Fakta Demam Berdarah.

https://www.halodoc.com/artikel/6-mitos-dan-fakta-seputar-dbd diakses 18 April 2022

  1. Kementrian Kesehatan RI. 2022. Situasi Dengue di Indonesia Tahun 2022.

https://ptvz.kemkes.go.id/berita/situasi-dengue-dbd-di-indonesia-pada-minggu-ke-6-tahun-2022 diakses tanggal 18 April 2022

  1. Dinas Kesehatan Jayapura. 2019. Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Demam Berdarah.

https://dinkes.jayapurakab.go.id/6-fakta-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-demam-berdarah/ diakses tanggal 19 April 2022

Published On: April 22nd, 2022 / Categories: Kesehatan /

Subscribe Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru dari GenBI DIY.

Informasi terbaru dari Generasi Baru Indonesia.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.

Add notice about your Privacy Policy here.